BIDANG KESEKRETARIATAN

  1. Merumuskan, menghimpun, dan menyiapkan bahan-bahan penyusunan RENSTRA dan RENJA Dinas;
  2. Merumuskan, menghimpun, dan menyiapakan bahan-bahan penyusunan RPJPD dan RPJMD pada bidang urusan Komunikasi dan Informatika;
  3. Merumuskan, menghimpun, dan menyiapkan bahan-bahan pembahasan penyusunan RKA-SKPD dan DPA-SKPD Dinas;
  4. Merumuskan, menghimpun, dan menyiapkan bahan-bahan penyusunan RKA-SKPD dan rancangan DPA-SKPD Dinas;
  5. Menyiapkan bahan-bahan pembahasan dengan bawahan terkait penjabaran DPA-SKPD Dinas yang telah ditetapkan Bupati;
  6. Mengkoordinasikan dengan atasan dan/ atau instansi terkait, dalam hal pembahasan pemaduan dan sinkronisasi kebijakan umum bidang urusan Komunikasi dan Informatika yang menjadi kewenangan daerah;
  7. Merumuskan dan menetapkan petunjuk operasional masing-masing program kegiatan yang tertuang dalam DPA-SKPD Dinas dan kebijakan umum bidang urusan Komunikasi dan Informatika yang menjadi kewenangan daerah;
  8. Merumuskan, menetapkan, dan mengendalikan SOP penyelenggaraan masing-masing program dan kegiatan di lingkungan Dinas;
  9. Merumuskan sasaran yang hendak dicapai berdasarkan skala prioritas dan dana yang tersedia sebagai dasar pelaksanaan tugas;
  10. Menyusun program dan petunjuk teknis penyelenggaraan administrasi umum, perencanaan, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan;
  11. Menyelenggarakan dan mengoordinasikan pelaksanaan tugas administrasi umum, perencanaan, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan;
  12. Mengoordinasikan semua bidang dalam rangka menghimpun perencanaan kegiatan, evaluasi dan menganalisa data serta laporan hasil kegiatan;
  13. Menyusun laporan administrasi umum, perencanaan, kepegawaian, keuangan dan perlengkapansebagai pertanggungjawaban kepada atasan;
  14. Menyusun laporan akuntabilitas kinerja Dinas;
  15. Menyusun LPPD tahunan dan LPPD lima tahunan di lingkup Dinas;
  16. Menyusun LKPJ Bupati akhir tahun dan akhir masa jabatan Bupati di lingkup Dinas;
  17. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan, ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan administrasi umum, perencanaan, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan;
  18. Memberikan saran dan pertimbangan teknis administrasi umum, perencanaan, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan kepada atasan;
  19. Membagi tugas dan mendelegasikan kewenangan kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  20. Membimbing atau memberikan petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;
  21. Menilai hasil kerja bawahan secara berjenjang dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pengembangan karier;
  22. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan; dan
  23. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

BIDANG APLIKASI INFORMATIKA DAN LPSE

mempunyai tugas :

  1. Merumuskan, menghimpun, dan menyiapkan bahan-bahan penyusunan RENSTRA dan RENJA pada Bidang Aplikasi Informatika dan LPSE;
  2. Merumuskan, menghimpun, dan menyiapakan bahan-bahan penyusunan RPJPD dan RPJMD pada Bidang Aplikasi Informatika dan LPSE;
  3. Merumuskan, menghimpun, dan menyiapkan bahan-bahan pembahasan penyusunan RKA-SKPD dan DPA-SKPD pada Bidang Aplikasi Informatika dan LPSE;
  4. Menyusun rencana kebijakan penyelenggaraan tugas Pemerintahan Daerah dibidang Aplikasi Informatika dan LPSE;
  5. Menetapkan penyelenggaraan tugas Pemerintahan Daerah dibidang Aplikasi Informatika dan LPSE;
  6. Melaksanakan penyelenggaraan tugas Pemerintahan Daerah dibidang Aplikasi Informatika dan LPSE;
  7. Mengawasi penyelenggaraan tugas Pemerintahan Daerah dibidang Aplikasi Informatika dan LPSE;
  8. Menghimpun, mengolah dan menganalisa data serta penyajian data hasil kegiatan urusan pelayanan Bidang Aplikasi Informatika dan LPSE;
  9. Mengendalikan pelaksanaan teknis kegiatan lingkup Bidang Aplikasi Informatika dan LPSE;
  10. Melakukan pengamanan dan pemeliharaan barang milik daerah di lingkup Bidang Aplikasi Informatika dan LPSE;
  11. Menyusun bahan laporan akuntabilitas kinerja Dinas lingkup Bidang Aplikasi Informatika dan LPSE;
  12. Menyusun bahan LPPD tahunan dan LPPD 5 (lima) tahunan di lingkup Bidang Aplikasi Informatika dan LPSE;
  13. Menyusun bahan LKPJ Bupati akhir tahun dan akhir masa jabatan Bupati di lingkup Bidang Aplikasi Informatika dan LPSE;
  14. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan, ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan Aplikasi Informatika dan LPSE;
  15. Memberikan saran dan pertimbangan teknis penyelenggaraan program Aplikasi Informatika dan LPSE;
  16. Membagi tugas dan mendelegasikan kewenangan kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  17. Membimbing atau memberikan petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;
  18. Menilai hasil kerja bawahan secara berjenjang dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pengembangan karier;
  19. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas dan/ atau kegiatan kepada atasan; dan
  20. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

BIDANG INFORMASI DAN KOMUNIKASI

mempunyai tugas :

  1. Merumuskan, menghimpun, dan menyiapkan bahan-bahan penyusunan RENSTRA dan RENJA pada Bidang;
  2. Merumuskan, menghimpun, dan menyiapakan bahan-bahan penyusunan RPJPD dan RPJMD pada Bidang;
  3. Merumuskan, menghimpun, dan menyiapkan bahan-bahan pembahasan penyusunan RKA-SKPD dan DPA-SKPD pada Bidang;
  4. Merumuskan rencana kebijakan penyelenggaraan tugas Pemerintahan Daerah dibidang Informasi dan Komunikasi;
  5. Mengatur penyelenggaraan tugas Pemerintahan Daerah dibidang Informasi dan Komunikasi
  6. Melaksanakan penyelenggaraan tugas Pemerintahan Daerah dibidang Informasi dan Komunikasi;
  7. Mengawasi penyelenggaraan tugas Pemerintahan Daerah dibidang Informasi dan Komunikasi;
  8. Menyusun bahan perumusan kebijakan di bidang penyediaan konten lintas sektoral dan pengelolaan media komunikasi publik, layanan hubungan media dan penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik dan penyediaan akses informasi di Kabupaten/Kota;
  9. Menyusun bahan penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria penyelenggaraan di bidang penyediaan konten lintas sektoral dan pengelolaan media komunikasi publik, layanan hubungan media dan penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik dan penyediaan akses informasi di Kabupaten/Kota;
  10. Menyusun bahan pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang penyediaan konten lintas sektoral dan pengelolaan media komunikasi publik, layanan hubungan media dan penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik dan penyediaan akses informasi di Kabupaten/Kota;
  11. Memantau, evaluasi, dan pelaporan di bidang penyediaan konten lintas sektoral dan pengelolaan media komunikasi publik, layanan hubungan media dan penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik dan penyediaan akses informasi di Kabupaten/Kota;
  12. Melaksanakan pengamanan dan pemeliharaan barang milik daerah di lingkup Bidang;
  13. Merumuskan bahan laporan akuntabilitas kinerja Dinas lingkup Bidang;
  14. Merumuskan bahan LPPD tahunan dan LPPD lima tahunan di lingkup Bidang;
  15. Merumuskan bahan LKPJ Bupati akhir tahun dan akhir masa jabatan Bupati di lingkup Bidang;
  16. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan, ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan penyelenggaraan urusan Kebudayaan;
  17. Memberikan saran dan pertimbangan teknis penyelenggaraan urusan Kebudayaan;
  18. Membagi tugas dan mendelegasikan kewenangan kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  19. Membimbing atau memberikan petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;
  20. Menilai hasil kerja bawahan secara berjenjang dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pengembangan karier;
  21. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas dan/ atau kegiatan kepada atasan; dan
  22. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

BIDANG STATISTIK DAN PERSANDIAN

Mempunyai tugas :

  1. Merumuskan, menghimpun, dan menyiapkan bahan-bahan penyusunan RENSTRA dan RENJA pada Bidang Statistik dan Persandian;
  2. Merumuskan, menghimpun, dan menyiapakan bahan-bahan penyusunan RPJPD dan RPJMD pada Bidang Statistik dan Persandian;
  3. Merumuskan, menghimpun, dan menyiapkan bahan-bahan pembahasan penyusunan RKA-SKPD dan DPA-SKPD pada Bidang Statistik dan Persandian;
  4. Merumuskan rencana kebijakan penyelenggaraan tugas Pemerintahan Daerah dibidang Statistik dan Persandian;
  5. Menyusun menyelenggarakan tugas Pemerintahan Daerah dibidang Statistik dan Persandian;
  6. Melaksanakan penyelenggaraan tugas Pemerintahan Daerah dibidang Statistik dan Persandian;
  7. Menyiapkan bahan kerjasama dengan badan pusat statistik dan atau lembaga perguruan tinggi dalam penyusunan data statistik;
  8. Menghimpun dan mengidentifikasi data statistik daerah sebagai dasar dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah;
  9. Mengolah data statistik sebagai dasar dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah;
  10. Mengawasi penyelenggaraan tugas Pemerintahan Daerah dibidang Statistik dan Persandian
  11. Menghimpun, mengolah dan menganalisa data serta penyajian data hasil kegiatan urusan pelayanan Bidang;
  12. Mengendalikan pelaksanaan teknis kegiatan lingkup Bidang;
  13. Melaksanakan pengamanan dan pemeliharaan barang milik daerah di lingkup Bidang;
  14. Merumuskan bahan laporan akuntabilitas kinerja Dinas lingkup Bidang;
  15. Merumuskan bahan LPPD tahunan dan LPPD 5 (lima) tahunan di lingkup Bidang;
  16. Merumuskan bahan LKPJ Bupati akhir tahun dan akhir masa jabatan Bupati di lingkup Bidang;
  17. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan perundang-undangan, ketentuan-ketentuan yang berkaitan dengan penyelenggaraan program bidang statistik dan persandian;
  18. Memberikan saran dan pertimbangan teknis penyelenggaraan program bidang statistik dan persandian kepada atasan;
  19. Membagi tugas dan mendelegasikan kewenangan kepada bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  20. Membimbing atau memberikan petunjuk kepada bawahan berdasarkan pembagian tugas agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar;
  21. Menilai hasil kerja bawahan secara berjenjang dengan jalan memonitor dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pengembangan karier;
  22. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas dan/ atau kegiatan kepada atasan; dan
  23. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.